Kamis, 28 April 2011

Waktu untuk Buah Hati

Menjadi orang tua adalah anugerah dan memiliki buah hati yang berusia balita adalah menyenangkan, dimana kasih sayang, pendidikan dan kesabaran kita sangatlah di uji. Kadangkalanya buah hati kita dapat bersikap manis yang membuat kita tersenyum dan di lain waktu dapat bersikap menjengkelkan yang membuat kita frustasi dan emosi.

Suami istri bekerja? Adalah hal yang biasa dewasa ini, kesibukan yang dimiliki oleh kedua orang tua setiap harimya menyebabkan waktu untuk buah hati sangatlah terbatas, lepas dengan siapa anak-anak anda di asuh. Apakah oleh kakek nenek atau dengan Baby sitter tetap saja mengurangi waktu anda untuk bertemu dengan anak-anak.

Mungkin kita pernah dengar peyataan atau pertanyaan “Berapa banyak waktu yang telah anda …. Untuk ….?” Dan sering pula kita dengar pertanyaan balik “Bukan lamanya atau banyaknya waktu yang kita berikan, tetapi efektif atau berkualitas kah waktu yang telah kita berikan?” klise memang tapi sesungguhnya inilah yang terjadi sekarang ini.

Mutlak, waktu efektif yang kita beri kepada buah hati di hari kerja [mungkin] adalah antara jam 20.00 - 22.00 Wib, Cuma 2 jam setiap harinya dan agak banyak diberikan pada saat akhir pekan yang mungkin juga hanya hari minggu saja bagi orang tua yang sabtu juga bekerja di luar hari libur nasional.

Dan di hari-hari itulah, kesempatan orang tua untuk menjadikan waktu yang singkat menjadi efektif dan berkualitas, juga pintar-pintarnya orang tua menentukan moment-moment yang pas.
Moment-moment spesial yang mungkin cocok dengan keterbatasan waktu yang ada adalah pada saat sebagai berikut :


13039822981812239036Mandi, Air bagi anak-anak adalah sesuatu yang menyenangkan, bermain-main dengan air dapat menciptakan sensasi kecerian yang sangat, sering sekali ketika anak-anak sudah kontak dengan air akan sangat sulit untuk dihentikan.
Dari mandi inilah banyak pelajaran dan kasih sayang yang bisa kita petik nilainya dimana kita mengajarkan kepada anak-anak untuk hidup bersih termasuk juga menyikat gigi, dari mandi ini juga kontak fisik dan bathin terjalin, dengan sentuhan tangan yang lembut ketika bersabun memberikan kehangatan dan kasih sayang kepada buah hati. Seringkali anak-anak membuang-buang air dan disini juga peran kita melarang dan mengajarkan anak untuk tidak boros dengan artian menggunakan bahasa yang sesuai dengan pemahaman mereka.
130398235944198240 
Bermain, Dunia anak adalah dunia permainan, keterlibatan kita mutlak sangat di perlukaan dalam perkembangan anak disinilah peran kita untuk mengajarkan dan memberikan pemahaman sesuatu yang baru tehadap dunia anak-anak sesuai dengan jiwa dan pemikiran si anak.
Dalam permainan seringkali mereka hanya melakukan permainan yang monoton, maksudnya permainan yang hanya mereka tahu (yang itu-itu saja), wajar karena mereka masih sangat terbatas tentang banyaknya permainan, nah tergantung orang tua harus pintar-pintar mencari sesuatu yang baru untuk bisa dijadikan tema sebagai permainan.

1303982430271779260Makan, Moment ini adalah momen yang sangat sangat spesial terutama buat kita para orang tua, anak-anak sangat sulit sekali dengan yang namanya makan. Kadangkala untuk menyuapi anak saja kita harus menggunakan banyak cara agar mereka mau makan. Emosi juga sangat-sangat terkuras disini, jadi sekali lagi harus sabar, tetapi jika kita telah menemukan cara yang unik dan anak mau makan bahkan sampai habis itu adalah suatu kebanggaan dan kepuasan.
Bagaimana caranya? Itu tergantung masing-masing anak dan orang tua untuk menemukan caranya, pastinya banyak cara dan kejadian yang mendukung.

13039825001883538213
Sebelum Tidur, Ini adalah saat diskusi dan pencerahan kepada anak, biasanya di saat ini anak-anak suka sekali dengan cerita dan disini jugalah kita dapat mengajarkan anak-anak dengan santai, misalnya mengajarkan membaca (menghapal huruf), berdoa, mengaji, mendongeng dan memberikan nasehat-nasehat yang bijak untuk perkembangan psikologis anak.

Mungkin hanya itu, mengenai moment yang sangat spesial yang aku rasakan terhadap kedua buah hatiku di antara keterbatasan waktu yang kumiliki.
Semoga Bermanfaat dan Salam

#Coretan Oleh Wawan P dari Pojok Warung
Ills. by Abah Google

0 komentar:

Posting Komentar