Selasa, 24 Mei 2011

Stres Oh Stres

Stress... Stress... Stress... Mungkin kita pernah mendengar sesorang mengucapkan kata itu atau bahkan kita sendiri juga sering mengucapkan kata itu. Namun stress sendiri itu apa sih? 

Istilah stres dalam fisika diartikan sebagai penggunaan kekuatan yang cukup besar terhadap suatu obyek untuk merusaknya atau merubah bentuknya. Cieeee kayak fisikawan aja...
Mungkin secara sederhana dan umum stress dapat diistilahkan sebagai suatu kondisi dimana keadaan tubuh terganggu karena tekanan psikologis. Biasanya stres dikaitkan bukan karena penyakit fisik tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi karena pengaruh stres tersebut dapat berdampak kepada fisik yang bisa muncul akibat lemahnya dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat tersebut

Banyak cara yang dilakukan untuk menghindari stress, berikut cara-cara yang sederhana dan murah dan pastinya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya :
Berteriak
Salah satu cara yang terbukti ampuh menghindarinya, yaitu dengan berteriak! Saat stress, kita akan merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Lepaskan saja perasaan tidak enak itu. Berteriak sekencang-kencangnya. Namun ingat, harus disesuaikan dengan kondisi dan tempat ya. Heheheh...
Cara ini mungkin tidak mengatasi stress secara, tapi minimal akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Berelaksasi
Cara mengatasi stres dengan berteriak mungkin akan sulit bagi yang tidak punya lingkungan yang memadai. Kalau begitu coba berelaksasi.
Apa itu? Pokoknya buat diri kamu baik itu hati dan tubuh menjadi tenang. Caranya? Wah dasar "Oon" masak harus dikasih tahu juga! Caranya sederhana sambil duduk (seperti bersila) lipatkan kaki kanan di atas kaki kiri, kemudian ambil nafas dalam-dalam dengan pelan. Tapi jangan ditahan..langsung deh keluarkan nafas itu dengan pelan-pelan juga (bila perlu lakukan meditasi) dan yang paling enak dipijet juga bisa mengurangi stress apalagi pake ++ (hush... ngawur wkkkkkkkkkkkk)
Efeknya hati semakin tenang dan semakin menambah motivasi hidup.

Menyalurkan Hobi
Cara tergampang untuk menghadapi stress, adalah dengan melakukan hobi. Kamu punya hobi olahraga, dengerin musik, menulis, nonton (apalagi nontoh hehehe) dan banyak lagi. Kenapa itu tidak kamu lakukan untuk mengatasi sress?

Tertawa
Tertawa adalah Obat Stress mungkin pernah dengar ungkapan itu? Namun hati-hati anda bisa disangka gila oleh orang-orang jika setiap saat selalu tertawa, maka carilah media yang tepat membuat anda bisa tertawa misalnya dengan menonton atau membaca sesuatu yang lucu.
13062154691010724323
Mungkin comedian yang anda tonton joke-nya udah basih, tapi gak perlu khawatir masih banyak hal yang bisa membuat kita tertawa seperti video lucu di youtube, website humor, atau mungkin Postingan Kenthir dari Planet Kenthir.

Minum Susu
Saya pernah membaca di suatu artikel, dengan minum susu dapat meredahkan bahkan menghilangkan stress, menurut artikel tersebut susu dapat mengurangi kadar hormone adrenalin dalam darah sehingga dapat mengurangi stress. Sambil menyelam minum susu hehehe apalagi susu cap nona
130621525174358000
 
Curhat
Cara mengatasi stress yang paling gampang adalah Bicarakan masalah kamu dengan orang terdekat kamu entah itu teman, kerabat atau Ibu. Dengan membagi cerita sedikit banyak mengurangi beban yang kamu rasakan, tetapi dalam memilih lawan yang diajak bicara harus orang yang tepat karena jangan sampai ketika kamu menceritakan masalah mu yang mendengar malah stress. Hehehe  atau jangan kamu menceritakan kepada sesuatu yang gak sejenis dengan kamu..
1306215371135195853
Selalu Berpikir Positif
Menganggap segala sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihan (relative), adalah pemikiran yang sangat sederhana untuk tidak mudah stress. Mengapa?
Saat kamu melihat kekurangan itu adalah masalah (negative), maka di jamin akan mudah stress tetapi jika melihat kekurangan dengan sudut pandang positif  kekurangan itu adalah motivasi hidup untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.
 
Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta
Melakukan ritual keagamaan misalnya Sembahyang, mendengarkan ceramah dan kajian kajian tentang agama sangatlah berguna selain bertaqwa kita juga mendapatkan ketentraman yang nyata.
Apalagi yang memberikan ceramah adalah sosok ulama yang dengan gaya penyampaian santai dan humoris
13062150501963924195 
Ustadz Herry Songkok
TAPI INGAT !!
Dari sekian cara-cara yang sederhana dan murah di atas, jika masih tidak berhasil sebaiknya anda tidak melakukan aksi NEKAD seperti di bawah ini, karena sangat memalukan...
13062254342115152267
Ups! Tapi namanya juga orang stress, gak penting malu karena ini masih terhormat dari pada Korupsi

~Selesai~

13046644831760990701 

13046669451610809438

0 komentar:

Posting Komentar