Rabu, 04 Mei 2011

Hal-hal Kecil yang [Harus] Diperhatikan Dalam Menulis

Gokil… Saudara-saudara kenthir ku pada nulis tips ngeblok mulai dari yang benar-benar real sampe dengan yang kocak, Saluuuutt

Menurut gw tips atau apalah istilanya hanyalah cara untuk sesorang memberikan saran yang lebih efektif dan efisien dalam menulis, yang pada kenyataannya kitalah yang harus melakukannya dan belum tentu tips-tips yang diberikan cocok dan sesuai dengan pola pikir kita…
Tip menulis versi WePe ….

Berdasarkan kondisi dan keadaan menulis itu dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu :
Kondisi Offline, sementara menulis tidak dengan berhubungan langsung dengan jaringan internet dan cara ini juga dibedakan menjadi dua yaitu konvesional dan modern.

Konvensional ini adalah cara yang benar-benar dapat dibilang menulis, dan tips untuk melakukan penulisan gaya konvensional yang harus dilakukan adala

13045167861360366045#1. Siapkan alat utuk menulis, alat untuk menulis ini bisa berupa ballpoint, pensil, sepidol atau apalah yang pasti bisa digunakan untuk menulis

#2. Pilih media yang tepat untuk menulis, media yang tepat ini mutlak sangat dibutuhkan karena jika tidak menggunkan media yang sesuai akan sangat sulit anda menuangkan tulisan, misalkan kita menuang tulisan di atas air atau udara pasti gak akan tercipta tulisan sehingga menggunkan media yang tepat akan membantu anda untuk menulis seperti kertas atau buku dan jika terpaskapun dapat juga anda gunakan baju atau tembok.

Biasanya tulisan gaya konvensional ini hanyalah untuk konsumsi pribadi seperti dalam buku harian, buku utang dan lain-lain.

Modern, sebenarnya saya juga bingung apakah ini termasuk menulis ya? Padahal menurut saya cara modern lebih tepatnya adalah mengetik, tapi apapun itu kita samakan saja menjadi menulis. Tips dengan gaya modern ini adalah..
1304516898420652997#1. Pastinya anda harus memiliki PC atau notebook yang telah terinstall OS dan Software aplikasi untuk menulis seperti MS. Office dan disarankan untuk menggunakan software yang “ori”.
#2. Pastinya juga ditempat anda ingin menulis harus mempunyai sumber arus listrik, Lho apa hubungannya dengan menulis? Tentu dong, bagaimana tidak mau dicolokin dimana tuh PC/Notebook kalo gak ada sumber arus listrik.
 


Biasanya tulisan gaya modern ini dibuat dengan tujuan untuk konsumsi orang banyak atau umum yang bisa di sharing ke blog baik blog pribadi ataupun blog umum dan biar bisa dibaca oleh orang banyak tulisan yang telah di tulis ini tinggal di copas ke media blog online.

Kondisi Online, sesungguhnya sama dengan modern yang membedakannya adalah PC/notebook anda terkoneksi dengan jaringan internet dan juga tidak perlu copas lagi hasil tulisan anda, langsung saja tuangkan tulisan anda ke media blog apakah itu pribadi atau pun umum dan yang pasti anda harus telah terdaftar dan jangan lupa ID dan password loginnya. Bagi yang belum daftar di kompasiana buruan…

Nah lho, bagaimana tips untuk menuangkan ide, inspirasi tulisan kita? Hmmm… menurut saya posting saudara-saudara kenthir saya sudah sangat jelas dan anda bisa lihat di sini :
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/03/menulis-dengan-hati-maksud-loe/
http://hiburan.kompasiana.com/humor/2011/05/04/tips-menulis-berbobot-berlendir-memikatby-hfk/
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/04/tak-ada-tulisan-jika-ikuti-tips-hfk/
http://hiburan.kompasiana.com/humor/2011/05/04/tips-menulis-ala-geboy/
http://hiburan.kompasiana.com/humor/2011/05/04/tips-menulis-ala-geboy/
http://muda.kompasiana.com/2011/05/04/snt-tips-menulis-paling-kawak/
 
#Coretan Oleh WePe dari Warung Pojok
Ills. by Abah Google

0 komentar:

Posting Komentar